13 Ideas Dan Cara Mendidik Anak Yang Baik, Benar Dan Efektif Di Usia Dini

Seperti yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau mencontohkan cara mendidik anak laki-laki dengan rasa sayang dan penuh kesabaran. Jika itu terjadi, usahakan untuk tidak langsung melabelinya sebagai seorang anak nakal. Karena bagaimanapun, hal tersebut justru menunjukkan ambisinya yang besar untuk melakukan yang terbaik. Pada dasarnya, pujian memang bisa mendorong hormon yang membuat rasa bahagia meningkat. Sehingga apabila si kecil melakukan sebuah kenakalan, Anda bisa mencoba untuk memberikan pujian dan mengingatkan sikap baik yang pernah dilakukan. Agar si kecil selalu ingat bahwa Ayah dan Bunda lebih menyukai sikap baik yang ia lakukan daripada kenakalannya.

Apresiasi tersebut yang membuat si kecil merasa termotivasi untuk patuh. Ia juga akan melakukan perintah orang tua dengan rasa senang tanpa paksaan. Orang tua pun butuh waktu untuk belajar bagaimana cara menjadi orang tua yang baik, bagaimana mendidik supaya anak nurut dengan orang tua, serta bagaimana berkomunikasi yang baik dengan anak.

Bila Anda ingin anak bertutur kata yang lembut dan baik serta bersikap sopan, maka Anda harus selalu bersikap yang sama sebagai panutan. Ingatlah jika orang tua merupakan contoh yang akan diikuti oleh anak hingga mereka dewasa. Ada anak yang menurut dengan orang tuanya ada juga Anak yang nakal dan sulit untuk dinasehati oleh orang tua. Perlu dipahami, bahwa sebaiknya Mama jangan takut anak berpikir dirinya tidak disayang karena diberikan hukuman. Hukuman yang diberikan juga jangan terlalu berat, namun hanya membuat anak menjadi lebih disiplin dan patuh. Ketika anak susah diatur, maka cobalah untuk melakukan evaluasi, apakah pola asuh yang digunakan sudah tepat atau belum.

Dengan bermain, dapat membuatnya mengenal dunia luar, lingkungan sekitar, meningkatkan kecerdasan, hingga bersosialisasi dan beradaptasi. Tentu saja hal ini bertujuan agar anak-anak Anda menjadi anak yang pintar, cerdas, berakhlak baik, berbudi pekerti luhur, dan bermanfaat bagi banyak orang. Di depan, di belakang antrean saya hanya dua orang yang bermuka “dewasa”, yaitu saya dan seorang bapak yang mengantre sambil menggendong anak balitanya. Tak berbeda dengan saya, antrean satunya lagi malah lebih parah, hampir semua didominasi anak muda. Dan saya berani haqqul yakin kebanyakan dari pasangan-pasangan itu belum menikah.

Terkadang orangtua lupa bahwa mereka pun sebenarnya sering ingkar janji entah pada lingkungan atau anak-anak mereka sendiri. Dari semua teori cara mendidik anak, introspeksi diri atau bercermin diri seringkali menjadi hal yang terabaikan. Bagaimana mungkin seorang anak mau mendengarkan perintah orangtua dan patuh pada semua perintahnya, jika orangtua mereka seringkali tidak tegas dan konsisten terhadap ucapannya.

Cara agar anak patuh

Bahkan, hal tersebut bisa menjadi sifat bawaan ketika ia beranjak besar kelak. Oleh karenanya, cara mengatasi anak nakal yang benar adalah jangan berikan sebutan nakal itu untuk buah hati agar tidak mempengaruhi psikologinya. Dikaruniai buah hati memang merupakan anugerah yang indah, sekaligus tanggung jawab yang besar. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa peran orang tua adalah tugas yang berlangsung seumur hidup. Ketahui cara mendidik anak yang tepat sehingga menjadi orang-orang dewasa yang baik dan bahagia.

Dengan menatap mata anak anda, mereka akan merasa dipedulikan dan dihargai. Salah satu alasan sederhana perilaku buruk anak adalah karena ini efektif untuk memperoleh keinginan mereka. Tantrum dan menangis saat di tempat umum hingga orang tua setuju membelikan mainan akan memberi tahu anak bahwa marah dan menjerit efektif. Ketika orangtua berbicara di telepon, mengunjungi dengan teman atau keluarga, atau sibuk, anak-anak merasa tersisih. Cara menarik perhatian yang paling mudah adalah rewel, merengek, atau memukul saudara kandung.

Perilaku anak-anak yang menolak atau tidak mengabulkan perintah anda bisa dilatarbelakangi karena mereka capek sepulang sekolah, tidak enak hati dengan lingkungannya atau merasa tidak enak badan. Untuk itu, sebaiknya maklumi dan berikan perintah sesuai dengan kapasitas anak. Memang tidak ada orang tua sempurna, tapi sudah seharusnya Anda dan pasangan memberikan contoh yang baik pada anak di kehidupan sehari-hari. Yang harus Ibu dan Ayah lakukan adalah menjalin hubungan dari hati ke hati dengan si kecil. Niscaya, ia akan mau bersikap terbuka dan menerima masukan orangtuanya. “Bermain bersama, berinteraksi, dan berkomunikasi hangat akan membuat anak jauh lebih menerima orangtua,” kata Markham.

Setelah itu bayi harus menerima makanan pelengkap dengan terus menyusu hingga dua tahun atau lebih. Jujurlah pada diri sendiri tentang apa yang Anda anggap paling penting. “Kadang-kadang, orang menerapkan aturan karena dulu orangtua mereka juga menerapkannya saat mereka masih kanak-kanak, atau karena sepertinya itulah hal yang tepat untuk dilakukan. Tapi, peraturan yang dipaksakan akan sulit ditegakkan,” kata Marvin Berkowitz, Ph.D. Untuk itu Redaksi Bagian berita memberikan Tips mendidik anak agar patuh sejak kecil, berikut paparannya.

Jika ada konsekuensi negatif karena melanggar aturan, harus ada konsekuensi positif untuk mengikuti aturan. Berteriak tidak akan membuat anak patuh dan menuruti perintah Anda. Justru sebaliknya, berteriak membuat hati anak semakin keras dan ia semakin enggan untuk patuh.