Kenapa Bisnis Sampingan Penting Untuk Millennials?

Mengingat bahwa pekerjaan utama Anda masihlah sebagai pegawai kantoran, maka sesuaikan jadwal mengurus bisnis sampingan dengan rutinitas Anda tersebut. Susun jadwal rutin per harinya dan hindari terjadinya benturan antara kedua peran tersebut. Misalnya, selama pukul 09.00 hingga 18.00, Anda melakukan pekerjaan utama di kantor. Baru pada pukul 19.00 Anda bisa mulai menjalankan bisnis sampingan. Untuk melakukan bisnis sampingan ini, Anda tidak perlu membuka toko dengan modal yang besar. Cukup belanja perlengkapan bayi yang sedang tren secara grosir dan unggah foto-fotonya di media sosial.

Salah satu alasannya adalah gaya berbelanja masyarakat sekarang yang mulai bergeser ke gaya berbelanja on-line. Di lihat dari sisi barang yang dijual, kamu bisa menjual barang sendiri atau barang orang lain. Barang fisik yang umum dijual para pelaku toko online adalah pakaian, makanan, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, sepatu, dan lainnya. Sementara itu, barang digital yang populer dijual adalah e book, software, musik, theme, plugin, video tutorial, dan lainnya.

Tarif yang biasanya digunakan untuk jasa ini biasanya berdasarkan per halaman atau per kata. Dan yang pasti, usaha ini tidak memakan biaya yang besar sebagai modal dasar. Anda hanya butuh beberapa perangkat yang harus disiapkan yakni komputer atau laptop computer, printer, kertas HVS, scanner, dan lain sebagainya.

Bisnis sampingan

Bila diperlukan, Anda bisa melakukan renovasi untuk membuat ruangan kerja di rumah agar Anda semakin betah bekerja berlama-lama. Pastikan Anda memiliki tempat khusus untuk meletakkan mesin jahit, kain bahan masker hingga laptop computer atau buku gambar untuk membuat desain masker yang unik. Gunakan tempat tersebut untuk meletakkan semua hal yang berkaitan dengan bisnis Anda. Semisal, Anda berjualan masker kain khusus buatan dan desain Anda sendiri. Kuncinya, pastikan Anda tidak malas untuk meluangkan waktu guna membuat rencana bisnis sederhana dan mencari ide-ide segar. Misi BukuKas adalah untuk membantu jutaan bisnis di Asia Tenggara dalam memonitor dan mengatur arus kas secara lebih baik.

Tetapi, hal ini enggak masalah ketika kita bisa memiliki bisnis sampingan yang sesuai dengan passion tersebut. Jika Anda belum mempunyai barang untuk dijual, Anda dapat menjalankan dengan sistem Dropship. Cara ini tidak membutuhkan modal banyak ketimbang Anda harus stok barang, namun jika Anda lebih memilih untuk stok barang itu jauh lebih baik. Untuk mendapatkan hasil maksimal pemilihan produk dan analisa trend adalah kuncinya, carilah produk dengan margin yang tinggi agar Anda dapat mendapatkan keuntungan maksimal.

Ada banyak pekerjaan dan usaha yang mudah untuk ditekuni dimana resikonya juga minim. Hal ini penting, karena usaha dan pekerjaan yang mudah tidak akan menyita perhatian dan bisa tetap fokus menjadi dosen profesional. Misalnya membuka usaha kursus bahasa Inggris, komputer, dan ilmu lain yang dikuasai di rumah.